Berita SMK N 2 Bangli

Pelaksanaan Tes VIERA

ITC (International Test Center) bekerja sama dengan SMK Negeri 2 Bangli mengadakan tes VIERA (Vocational Institutions English Readness Assesment) di SMK Negeri 2 Bangli yang dilaksanakan pada Jumat, 29 Juli 2022. Tes VIERA ini merupakan awal dari tahapan seleksi tes kemampuan Bahasa Inggris tingkat SMA/SMK sebelum nantinya disaring untuk mengikuti Tes TOEIC. Adapun sasaran dari pelaksanaan kegiatan ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK Negeri 2 Bangli. Jumlah seluruh peserta sebanyak 310 siswa.

Ada dua jenis ujian dalam tes VIERA ini, yaitu Ujian Listening dan Ujian Reading dengan jumlah soal masing-masing 50 soal. Tes ini dimaksudkan untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris siswa dan sejauh mana kesiapan siswa untuk mengikuti tes standar internasional lainnya, khususnya TOEIC.

I Gusti Ayu Lisna Listiari, selaku guru penanggung jawab di SMK Negeri 2 Bangli, ketika ditemui setelah kegiatan (29/7), mengatakan bahwa tes (VIERA) ini tentunya sangat bermanfaat bagi siswa. Apabila siswa lulus dalam seleksi tes VIERA, siswa akan lanjut ke tes TOEIC. Tes TOEIC tentunya akan berhubungan dengan lingkup pekerjaan.

“Peserta tes TOEIC akan mendapatkan sebuah sertifikat, yang mana sertifikat ini berisikan skor dari hasil tes. Nah, kegunaan dari sertifikat TOEIC adalah untuk persyaratan melamar pekerjaan perusahaan tertentu,” lanjutnya.

Banyak perusahaan besar yang menjadikan skor tes TOEIC sebagai salah satu persyaratan bagi pelamar pekerjaan. Melalui tes VIERA ini diharapkan siswa bisa melanjutkan ke tes TOEIC, sehingga para siswa SMK Negeri 2 Bangli dapat bersaing dalam dunia kerja ke depannya.


SHARE